BANGGAI, MPI_Bupati Banggai Ir. H. Amirudin Tamoreka dalam amanahnya yang dibacakan oleh Staf Ahli Bupati dr. Gunawan, M.Kes. menghimbau kepada seluruh pimpinan OPD dan masyarakat Kabupaten Banggai untuk terus menikatkan pembangunan di berbagai bidang.

Hal ini disampaikan pada penutupan pameran pembangunan Moilong Expo 2022 dalam rangka HUT Kecamatan Moilong ke XII, Sabtu (29/01/22), yang berlangsung di lapangan Desa Karanganyar, Kecamatan Moilong, Kabupaten Banggai.

“SDM dan potensi SDA yang dimiliki hendaknya dapat didayagunakan dan diolah semaksimal mungkin. Apa yang ditampilkan dalam Moilong Expo 2022 menggambarkan bahwa pembangunan di Kabupaten Banggai saat ini semakin maju dan terus berkembang. Yang pada gilirannya nanti kita bersama akan menikmati hasil-hasil pembangunan, kemakmuran dan kesejahteraan,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan Moilong Expo diisi dengan berbagai kegiatan yang dapat mencapai local heroes yaitu para pelaku usaha yang tak hanya mampu bertahan di masa pandemi tetapi juga memiliki motivasi untuk dapat tumbuh lebih besar.

Diharapkan Moilong Expo mampu meningkatkan skala dan membangun ekosistem bisnis bersama-sama dibantu pemerintah dan swasta.

“Lakukan terobosan, ciptakan karya dan inovasi-inovasi baru yang dapat mendukung bangkitnya perekonomian masyarakat, utamanya dalam hal menarik investor dan pengembangan sektor usaha mikro agar mampu bertahan dan berkompetisi didalam pandemi Covid-19 dan persaingan ekonomi,” lanjutnya.

Dituturkan berbagai tantangan dan masalah yang dihadapi dalam meningkatkan dan mengembangkan perekonomian daerah. Untuk itu, prestasi dan kemajuan yang dicapai terus dipertahankan dan ditingkatkan.

“Potensi Kabupaten Banggai sangat besar. Komunitas kreatif dan objek kebudayaan yang didalamnya melibatkan para pelaku usaha dan pegiat pembangunan ekonomi kreatif. Kegiatan seperti Moilong Expo menjadi semacam one stop learning and shopping yang dapat membawa pengunjung untuk melihat, mengenali, mempelajari dan memahami kompleksitas paradigma mutakhir ekonomi masyarakat,” tuturnya.

Pada kesempatan ini, tak lupa Bupati menekankan kepada seluruh elemen untuk selalu menjaga keamana dan ketertiban agar Kabupaten Banggai tetap kondusif.

Ditegaskan stabilitas keamanan suatu daerah sangat dipelrukan sebagai prasyarat bagi masuknya penanaman modal (investasi).

“Teruslah berkreasi dan berinovasi didalam berbagai bidang pembangunan sehingga Kabupaten Banggai dapat bersaing bersama dengan daerah lain dalam pembangunan. Hal ini perlu kita patrikan dalam hati agar daerah kita tak hanya menjadi daerah transit produk. Namun dapat memberikan nilai tambah produk yangbkauh lebih besar manfaatnya bagi kehidupan masyarakat,” tandasnya.(dewi)