oleh

Pasar Murah Kejari Kabupaten Banggai Bersama Pemda Sambut Natal dan Tahun Baru Diserbu Warga

  • Banggai _ Pelaksanaan pasar murah yang digelar Kejaksaan Negeri Banggai Bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Banggai melalui Dinas perdagangan dan Perindustrian gelar kegiatan pasar murah bersubsidi dalam rangka pengendalian inflasi daerah serta menyambut hari Natal dan Tahun Baru (Nataru), Senin (11/12/2023) pagi.

    Acara tersebut dibuka langsung Bupati Banggai H. Amiruddin Tamoreka dan dihadiri unsur Forkopimda di antaranya Dandim 1308/LB Letkol Inf Hermanto, Kajari Raden Wisnu Bagus Wicaksono, Kapolres Serta kepala Dinas perdagangan. Kegiatan ini menjadi salah satu opsi untuk menjaga kestabilan harga dan mengendalikan inflasi harga berbagai kebutuhan pokok masyarakat jelang hari besar keagamaan. Selain itu Pasar murah juga merupakan bagian dari solusi pemenuhan kebutuhan masyarakat.

    “Pasar murah merupakan agenda kegiatan Kajari Banggai yang cukup signifikan dalam membantu warga Kecamatan Luwuk , Luwuk Selatan dan Luwuk Utara dalam rangka mempersiapkan momen perayaan hari besar keagamaan Natal dan Tahun Baru.

    Dalam Pasar murah ini menyediakan barang – barang kebutuhan masyarakat dengan harga yang lebih murah, tapi yang pasti bukan murahan,” kata Kajari Banggai dalam Sumbutan Singkatnya.

    Bupati Banggai H Amirrudin Tamoreka mengatakan bahwa pasar murah merupakan salah satu agenda yang selalu dinanti masyarakat, keberadaan pasar murah ini senantiasa menghadirkan kebutuhan pokok dengan harga yang lebih terjangkau karena adanya subsidi dari Pemda Banggai.

    “Dalam pasar murah ini banyak kebutuhan pokok yang tersedia diantaranya adalah beras, gula pasir, telur, minyak goreng, cabe rawit, tomat bawang, sayur sayuran, daging ayam dan masih banyak lagi.

    Lanjut Bupati jika fakta di lapangan membuktikan bahwa terjadi peningkatan konsumsi dan transaksi masyarakat terhadap berbagai kebutuhan pokok setiap menjelang hari-hari besar keagamaan. Namun sangat disayangkan tidak sedikit pedagang nakal memanfaatkan situasi ini dengan cara menumpuk stok bahan makanan di gudang milik mereka menunggu naiknya harga – harga kebutuhan pokok tersebut. Tentunya hal ini berdampak pada kelangkaan stok barang dan kenaikan harga yang terkadang sulit untuk diprediksi.

    “Adanya pasar murah yang digelar kejaksaan Negeri Banggai dan Pemda Banggai ini diharapkan akan dapat membantu menyelesaikan persoalan Ekonomi masyarakat. Untuk itu kepada masyarakat Luwuk dan sekitarnya agar dapat memanfaatkan pasar murah ini karena harga komoditas relatif lebih murah karena adanya subsidi, walaupun harga murah, seluruh bahan kebutuhan yang dijual pastinya berkualitas dan layak untuk dikonsumsi,” sebutnya.

    Agar pasar murah ini tepat sasaran, Bupati mengungkapkan bahwa seluruh pihak khususnya penyelenggara diminta agar mampu menjaga amanah dan tidak bermain mata dengan pihak – pihak tertentu demi mendapatkan keuntungan. Selain itu terus menjaga mutu dan kualitas barang yang dijual. Sebab sejatinya pasar murah ini dilakukan untuk membantu masyarakat yang kurang mampu secara finansial dalam memenuhi kebutuhannya.

    Selanjutnya Kepada masyarakat, Bupati juga meminta tidak memanfaatkan pasar murah ini untuk membeli barang pokok melebihi kebutuhan yang seharusnya.

    Pasar murah dalam rangka Natal dan tahun baru 2023 yang digelar Kejaksaan Negeri Banggai dan Pemda Banggai dari amatan Media ini terlihat mendapat sambutan yang cukup baik dari masyarakat khususnya yang merayakan natal dan tahun baru. Laura warga Kecamatan Luwuk Selatan mengaku sudah menunggu dibukanya pasar murah ini karena menurutnya kegiatan tersebut dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok jelang Natal dan tahun baru.

    “Kita ketahui jika jelang Natal dan tahun baru harga kebutuhan pokok pasti naik, adanya pasar murah ini sangat membantu kami masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pokok dengan harga yang murah dan terjangkau. Oleh karena itu kami ucapkan terima kasih kepada Pak Kajari dan Pak Bupati yang telah menggelar pasar murah ini,” Ungkapnya.