oleh

Buka OPA 2022, Wabup Banggai: “Pemagangan Berikan Keterampilan Untuk Pemenuhan Prasyarat Kualifikasi Calon Pekerja”

BANGGAI, MPI_Program pemagangan sangat penting bagi perusahaan dan pemerintah, khususnya bagi peserta magang itu sendiri.

Dimana melalui program pemagangan para peserta magang mendapatkan keterampilan teknis dan nonteknis (soft skills) untuk memenuhi prasyarat kualifikasi calon pekerja yang diperlukan pemberi kerja.

Hal ini ditegaskan Wakil Bupati Banggai Drs. H. Furqanudin Masulili, M.M. dalam sambutannya saat membuka kegiatan Operator Program Apprenticeship (OPA) DS LNG 2022, Rabu (02/02/22), yang berlangsung di salah satu hotel di kawasan Bukit Halimun, Kecamatan Luwuk Selatan, Kabupaten Banggai.

“Program pemagangan sangat penting. Karena melalui pemagangan para peserta mendapatkan keterampilan, baik teknis maupun non teknis, untuk pemenuhan prasyarat kualifikasi calon pekerja,” tegasnya.

Dituturkan melalui program tersebut perusahaan mendapatkan sumber calon tenaga kerja yang sudah diketahui keterampilan teknis maupun kesesuaian sikap kerjanya dengan budaya perusahaan selama masa pemagangan.

Sementara bagi pemerintah, lanjutnya, hasil pemagangan akan meningkatkan akses calon tenaga kerja untuk mendapatkan pekerjaan sehingga dapat meningkatkan akses ekonomi warga yang merupakan sebagian tugas pemerintah.

“Inilah yang mendasari kerjasama DS LNG dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai untuk melakukan studi mengenai pemagangan ini,” lanjutnya.

Tak hanya itu, Pemkab Banggai juga sangat mengapresiasi dan mendukung program OPA yang diusung DS LNG.

“Kami sangat mengapresiasi program OPA yang dilaksanakan DSLNG. Program ini turut membantu mengembangkan SDM di Kabupaten Banggai. Dan dengan sendirinya membuat anak-anak kita merasa memiliki perusahaan sebagai aset yang ada di tanah Babasalan,” tutupnya.(dewi)