oleh

Musrembang Lobu, Bupati Banggai: “Usulan Harus Sejalan dengan Prioritas Daerah 2023”

BANGGAI, MPI_Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin Tamoreka menegaskan penyusunan program prioritas kecamatan yang diusulkan pada musyawarah perencanaan pembangunan (musrembang) harus sejalan dengan prioritas daerah Kabupaten Banggai tahun 2023.

Sehingga visi, misi, tujuan dan sasaran yang telah ditargetkan dalam dokumen perencanaan dapat tercapai.

Hal ini disampaikan dalam sambutannya saat membuka musrembang dalam rangka penyusunan RKPD dan rembuk stunting tahun 2023 di Kecamatan Lobu, Rabu (16/02/22).

“Jangan membuat rencana yang tidak sesuai dengan visi-misi. Jika ada yang tidak sesuai dengan rencana-rencana kerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai maka poin usulan program tersebut tidak akan diterima,” tegasnya.

Bupati menekankan harus ada sinergitas antara pemerintah kecamatan, perangkat daerah dan masyarakat untuk mendapatkan dokumen perencanaan wilayah yang berkualitas.

Untuk itu, Bupati mengajak semua pimpinan OPD untuk menyamakan persepsi dan pemahaman.

“Pimpinan OPD diminta untuk mendengarkan dan mencatat apa-apa saja yang menjadi usulan, kemudian berupaya untuk meningkatkan inovasi serta kreasi di setiap program dan kegiatan sebagai terobosan dalam menangani isu strategis kewilayahan dan pelayanan kepada masyarakat,” tandasnya.

Ditempat yang sama, Ketua DPRD Banggai Suprapto menambahkan sinergitas antara semua elemen yang terlibat dalam perencanaan pembangunan di Kabupaten Banggai diharapkan untuk hadir dan fokus pada kegiatan Musrembang RKPD yang merupakan bagian dari konsensus untuk mewujudkan visi dan misi Kabupaten Banggai.

“Kita harus bersinergi untuk memikirkan kegiatan yang ideal untuk mewujudkan Banggai yang maju, mandiri, dengan selalu menjunjung tinggi nilai-nilai budaya dan kearifan lokal. Untuk itu, dibutuhkan komitmen dan koordinasi yang intens antara pihak eksekutif dan legislatif untuk memastikan setiap anggaran yang direncanakan dan digunakan untuk mensejahterakan Kabupaten Banggai sesuai perundang-undangan yang berlaku,” tutupnya.

Musrembang RKPD dan rembuk stunting Kecamatan Lobu turut dihadiri para anggota DPRD Banggai, para pimpinan OPD, unsur Forkompimcam Lobu, ketua dan anggota BPD se-Kecamatan Lobu, para tokoh agama, masyarakat dan pemuda serta masyarakat Kecamatan Lobu.(dewi)