BANGGAI, MPI_Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo menggelar rapat secara virtual dengan seluruh Gubernur, Walikota/Bupati ,TNI-Polri se-Indonesia, Senin (07/02/22), langsung dari Istana Presiden Jakarta.

Untuk Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai, rapat dihadiri langsung oleh Bupati Banggai Ir. H. Amirudin Tamoreka, Dandim 1308/Luwuk Banggai Letkol Inf Dony Gredinand, S.H., M.Tr.Han., M.I.POL. dan Wakapolres Banggai Kompol Margiyanta, S.H.

Bupati, Dandim dan Wakapolres mengikuti rapat dari ruang rapat khusus kantor Bupati Banggai, kawasan perkantoran Bukit Halimun, Kelurahan Tombang Permai, Kecamatan Luwuk Selatan.

Usai mengikuti rapat, kepada awak media ini, Bupati Banggai menyampaikan dalam arahannya Presiden menekankan kepada seluruh pemerintah daerah (pemda) untuk mewaspadai kenaikan kasus Omicron.

Presiden Republik Indonesia menggelar rapat bersama seluruh Gubernur, Walikota/Bupati ,TNI-Polri se-Indonesia secara virtual membahas virus Covid varian Omicron.

“Tahun 2022 ini Indonesia menghadapi tantangan varian Omicron yang penularannya empat kali lebih cepat dari varian Delta. Untuk itu, Presiden menekankan kepada seluruh Pemda untuk mewaspadai kenaikan kasus omicron dengan meningkatkan lagi protokol kesehatan dan mempercepat vaksinasi, khususnya vaksinasi lansia, ” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan trend kasus Omicron di Indonesia saat ini 93 persen berada di pulau Jawa dan Bali, dengan karakter pasien yang dirawat di Rumah Sakil secara nasional 66 persen bergejala ringan dan tanpa gejala, 93 persen tanpa pengorbit dan 7 persen dengan komorbid.

Untuk karakter pasien meninggal dunia, lanjutnya, 69 persen pasien tersebut belum divaksin.

“Ini menandakan bahwa vaksinasi menjadi salah satu kunci penting dalam penanganan varian omicron untuk menekan angka kematian. Untuk itu, saya menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Banggai untukengikuti vaksinasi demi kemaslahatan bersama,” tandasnya.

Rapat bersama Presiden secara virtual turut diikuti Staf ahli Bupati, Kabag Prokopim dan Kabag Ops Polres Banggai AKP Laata.(dewi)