oleh

Dukung Program Ketahanan Pangan Nasional, Tim Analisa Ketahanan Pangan Pusterad Kunjungi Kodim 1308/LB

Banggai – Tim analisa ketahanan pangan Pusterad lakukan kunjungan kerja di Kodim 1308/LB, Kunjungannya dalam rangka mendukung program ketahanan pangan nasional demi kepentingan pertahanan negara yang dilaksanakan di Aula Makodim 1308/LB jl. Samratulangi Kel. Bungin Kec. Luwuk Kab. Banggai. Rabu (23/08/2023)

Kodim 1308/LB bekerja sama dengan Dinas pertanian dan para petani di Wilayah Kab. Banggai untuk memanfaatkan lahan tidur sehingga dapat meningkatkan pertanian jagung yang ada di wilayah Kodim 1308/LB

Adapun kegiatan kunjungan yakni pengarahan dari tim analis ketahanan pangan dari Pusterad dilanjutkan meninjau lahan jagung yang berada di Kel. Kilongan Kab. Banggai.

Dandim 1308/LB Letkol Inf Hermanto mengatakan bahwa tugasnya di Kodim 1308/LB membantu kesulitan rakyat sekelilingnya dan senada dengan program pemerintah mendukung program ketahanan pangan nasional demi kepentingan pertahanan negara.

“Salah satu tugas tambahan TNI dari Bapak Presiden adalah ketahanan pangan sehingga disitu kami berfikir bagaimana bisa mengoptimalkan pertanian ini di Banggai,” ujarnya.

Menurut Dandim Luwuk Banggai kenapa jagung karena lahan sudah tersedia, jagung merupakan tanaman mayoritas petani di Kab. Banggai karena kondisi wilayah di Kab. Banggai sebagian besar adalah pegunungan. “Cuma tidak optimal, dan saat ini kita optimalkan, kita meyakini bahwa ini bisa mengoptimalkan produksi jagung di Kabupaten Banggai ini” jelas Letkol Inf Hermanto.

 

Sementara itu, Katim Analis Ketahanan Pangan Pusterad, Letkol Inf Nur Cholis, A.Md. menyampaikan bahwa tim analisa ketahanan pangan mendukung langkah Kodim 1308/LB dalam rangka meningkatkan program ketahanan pangan nasional demi kepentingan pertahanan negara.

Menurutnya, pihaknya melihat langsung di lahan perbedaan hasil tanaman jagung binaan Kodim yang jauh berbeda dengan lahan jagung di sebelahnya.

“Tadi juga saya melihat lahan yang ditanami jagung yang di pantau langsung oleh anggota Kodim, saya melihat program disini sudah berjalan dan saya liat bagus, betul-betul menyerap kepada masyarakat,” tuturnya.

Letko Nur Cholis berharap dengan adanya ketahanan pangan jagung tersebut nantinya di jadikan tanaman pokok dan masyarakat bisa menjualnya sehingga hasilnya bisa di rasakan oleh masyarakat.

“Insya Allah kalau ini berjalan dengan baik, ini untuk meningkatkan ekonomi masyarakat Banggai dan kami selaku pembina teknis nanti akan dilaporkan ke komando atas, sehingga dapat di tiru oleh satuan lain nantinya juga bisa menjadi percontohan di Kabupaten Banggai ini,” jelasnya.