oleh

FPBLS dan AKL Beber Fakta Terkait Demas Saampap, Sejumlah Bukti Ditampilkan

BANGGAI, MPI_Menanggapi pernyataan Kasat Reskrim Polres Banggai IPTU Adi Herlambang, S.I.K. terkait Demas Saampap alias DS (59), petani asal Desa Honbola, Kecamatan Batui Selatan, Kabupaten Banggai, Front Petani Batui Lingkar Sawit (FPBLS) dan Aksi Kamisan Luwuk (AKL) beberkan sejumlah fakta terkait DS.

Dalam pernyataannya, Kasat Reskrim Polres Banggai menegaskan bahwa DS bukanlah seorang petani melainkan tengkulak.

Baca Juga : AYU TINGTING KENA SOROTAN MUI (ARTIS6.COM)

Baca Juga : VIRAL JENAZAH (MAYAT) DI ANGKUT OJEK (BANGGAI.MEDIAPATRIOT.CO.ID)

Tak hanya itu, DS juga dikatakan tak memiliki lahan di area Balo Saseba, Desa Honbola, yang menjadi salah satu lokasi lahan Hak Guna Usaha (HGU) milik PT Sawindo Cemerlang alias Scem (Kencana Agri Group).

Kepada awak media ini, Koordinator AKL Sugianto Adjabar bersama Koordinator FPBLS Widyastuti menegaskan DS bukanlah tengkulak, melainkan seorang petani miskin yang sedang berjuang mempertahankan tanahnya.

Berita acara kesepakatan yang ditandatangani oleh para petani plasma dengan PT Scem.

Dikatakan DS melakukan aktivitas pertanian untuk menopang perekonomian keluarga di sebuah lahan di Balo Seseba, Desa Honbola, yang menjadi penguasaan keluarga DS sejak 1960, dimana lahan tersebut dulunya adalah areal lahan pembibitan sawit PT Scem.

Gogo sapaan akrabnya menekankan lahan milik DS tersebut tidak pernah diperjual belikan hingga perusahaan kemudian meminjam lahan tersebut untuk dijadikan areal pembibitan.

“Hal ini dibuktikan dengan berita acara yang ditandatangani sejumlah petani pemilik lahan dengan PT Sawindo Cemerlang yang diterbitkan tahun 2015,” ungkapnya kepada awak media ini, Sabtu (28/05/22), melalui sambungan telepon.

Sementara itu, Koordinator FPBLS Widyastuti menambahkan seiring dengan berjalannya waktu perusahaan berjanji kepada para pemilik lahan bahwa lahan-lahan tersebut akan dijadikan kebun plasma warga.

“Namun sekian lama petani tidak pernah menerima hasil plasma seperti yang dijanjikan. Malah kini salah satu petani yakni DS ditetapkan sebagai tersangka kasus pencurian buah kelapa sawit setelah memanen buah diatas lahan tersebut. Dimana saat panen dilakukan DS tidak sempat membawa buah- buah sawit tersebut karena terlebih dahulu disita oleh pihak perusahaan,” tegasnya.

Widya menguraikan bukan hanya DS yang dilaporkan oleh pihak perusahaan ke Polres Banggai. Sebelumnya sejumlah petani sawit yang tergabung dalam FPBLS juga Ikut dilaporkan ke pihak kepolisian.

“Kini DS dikriminalisasi bahkan di fitnah sebagai tengkulak. Padahal, dia cuma petani miskin yang menuntut hak-haknya,” tutupnya.(dewi)

Hubungi Bagian Redaksi / Iklan di Whatsapp Center 08999208174

Baca Juga : SEEKOR HARIMAU SERANG DOKTER HEWAN DI TAPSEL (MEDIAPATRIOT.CO.ID)

Baca Juga : KODIM 0504 /JAKARTA SELATAN BERSAMA HIPMI GELAR BAKTI SOSIAL DAN VAKSINASI (BERITAMPI.COM)

Sejarah Berdirinya Media Online Nasional www.mediapatriot.co.id

Media Online Nasional www.mediapatriot.co.id didirikan oleh Hamdanil Asykar pada tanggal 27 Maret 2012 di Kota Bekasi Jl. Ir. H. Juanda No.220G Bulak Kapal Bekasi Timur dan Berbadan Hukum PT. GABUSELA (PT. GALIBUMI SEKAR LANGIT).

Namun dengan adanya peraturan baru dari Dewan PERS harus berbadan Hukum PT dibidang khusus Media maka dibuatlah PT baru dengan nama PT. MEDIA PATRIOT INTERNASIONAL dengan alamat yang sama.

Hamdanil Asykar selaku pendiri sekaligus Pemimpin Redaksi Media Online Nasional www.mediapatriot.co.id sudah mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di PWI Bandung Jawa Barat dengan Tingkat Muda dan segera mengikuti jenjang berikutnya yaitu Madya dan Utama sebagai syarat mutlak Pemimpin Redaksi Media Online harus sudah mengikuti UKW sampai tingkat utama.

Nilai DA 57 dan PA 36 media online nasional www.mediapatriot.co.id otomatis mempunyai harga iklan / backlink yang tinggi yaitu Rp.5.000.000,- (NEGO) / Tayang.

Di ulang tahunnya yang ke 10 mulai tahun 2022 media online nasional www.mediapatriot.co.id memberikan apresiasi kepada para pengusaha UMKM mendapatkan diskon iklan / backlink mulai dari 10% sampai 90% sehingga bisa memberikan Brand kepada semua UMKM bisa dikenal keseluruh Indonesia bahkan ke mancanegara. (REDAKSI)



UCAPAN DARI BERBAGAI INSTANSI PEMERINTAH / SWASTA :


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *