oleh

23 Peserta Dinyatakan Lulus Seleksi Perekrutan Anggota AJI Palu Angkatan VIII

PALU, MPI_Setelah enam tahun tak membuka proses perekrutan anggota baru, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Palu kembali menggelar seleksi penerimaan anggota baru angkatan VIII tahun 2022.

Proses seleksi penerimaan anggota baru ini berlangsung selama 63 hari, tercatat sejak 03 Maret hingga 16 Mei 2022 dengan beberapa tahapan seleksi.

Baca Juga : AYU TINGTING KENA SOROTAN MUI (ARTIS6.COM)

Baca Juga : VIRAL JENAZAH (MAYAT) DI ANGKUT OJEK (BANGGAI.MEDIAPATRIOT.CO.ID)

Yakni pendaftaran 03-15 Maret 2022, seleksi berkas 16-18 Maret 2022, pemantauan 19 Maret hingga 10 Mei 2022, wawancara/seleksi tertulis 15 Mei 2022, dan pengumuman serta pembekalan 16 Mei 2022.

Abdul Rifai, Divisi Organisasi AJI Palu dalam laporannya menyebutkan pada tahap pendaftaran ini tercatat ada 44 peserta yang berasal dari Kota Palu, Kabupaten Sigi, Parigi Moutong (Parimo), Poso, Banggai dan Banggai Kepulauan (Bangkep) yang ikut mendaftar.

Dimana para pendaftar ini adalah wartawan tulis, fotografer, layouter dari media cetak, media online dan radio, termasuk pers mahasiswa dan citizen jurnalisme.

Lebih lanjut dikatakan pada tahap seleksi berkas hingga pemantauan yang berlangsung selama 1,5 bulan para peserta diwajibkan mengisi enam surat pernyataan dan menyerahkan bukti id card.

Yaitu surat pernyataan tidak rangkap organisasi, tidak menjadi pengurus atau anggota parpol, tidak menjadi karyawan BUMN/BUMD, tidak menjadi komisioner, tidak menjadi komisaris dan surat pernyataan bukan sebagai ASN, TNI/Polri).

Tim Penguji seleksi penerimaan anggota AJI Palu angkatan VIII tahun 2022.

Hingga tahap ini berakhir, lanjutnya, tersisa 33 nama yang berhak mengikuti tahap ujian tertulis dan wawancara serta pembekalan untuk peserta seleksi yang dinyatakan lulus.

Ada empat materi utama yang penilaian pada seleksi kali ini. Yakni, integritas yang terdiri kode etik dan kode prilaku dengan bobot penilaian tertinggi. Kemudian Keajian tentang sejarah berdirinya AJI dan kompetensi yang terdiri dari tes esai dan tertulis.

Pada tahap seleksi panitia memutuskan 23 peserta lulus menjadi Anggota AJI Palu angkatan VIII. Selanjutnya 23 nama tersebut diajukan ke AJI Indonesia untuk mendapatkan nomor keanggotaan sebagai anggota AJI Palu.

Para peserta yang dinyatakan lulus seleksi mengikuti pembekalan sejumlah materi dasar seperti nilai-nilai AJI yang dibawakan Bidang Organisasi AJI Indonesia Mahdi Muhammad, Ketenagakerjaan yang disampaikan Divisi Ketenagakerjaan AJI Palu Tahmil, SOP Kekerasan Seksual bagi Anggota AJI oleh Divisi Gender dan Kelompok Marginal (GAK) AJI Palu Agung Syumandjaya, serta kode etik jurnalistik oleh Ketua AJI Palu Yardin Hasan.

Indrawati Dg Cayya mengaku, dirinya sangat senang hingga akhirnya lolos pada seleksi kali ini. Jurnalis Pos Palu ini mengaku, semalam menjelang tes telah mempelajari semua materi yang diberikan panitia.

Peserta lainnya Dewi Satri dari Kabupaten Banggai mengatakan ia telah mengimpikan masuk di AJI sejak 4 tahun silam. Ia mengaku senang masuk di AJI karena nilai-nilai yang diperjuangkan AJI dalam isu hak-hak pekerja, keberagaman dan isu-isu universal sejalan dengan nilai-nilai yang dianutnya.

Sementara itu, Sekretaris AJI Palu Kartini Nainggolan mengatakan rekrutmen anggota AJI Palu tidak saja komitmen untuk melaksanakan AD/ART organisasi dan menjalankan amanah Konferta VIII AJI Palu.

Rekrutmen kali ini tak sekadar untuk memastikan regenerasi di tubuh AJI Pali dengan mencetak kader baru. Anggota yang baru terpilih diharapkan mempunyai semangat dan gairah baru dalam menjalankan nilai-nilai AJI. Kebebasan pers harus diperjuangkan karena kebebasan pers merupakan standar jurnalisme.

”Dengan kebebasan pers yang baik, jurnalis AJI diharapkan mampu memberi kontribusi bagi publik dengan menjalankan fungsi kontrolnya secara bertanggungjawab,” tutup Kartini.(adm/rilis AJI Palu)

Hubungi Bagian Redaksi / Iklan di Whatsapp Center 08999208174

Baca Juga : SEEKOR HARIMAU SERANG DOKTER HEWAN DI TAPSEL (MEDIAPATRIOT.CO.ID)

Baca Juga : KODIM 0504 /JAKARTA SELATAN BERSAMA HIPMI GELAR BAKTI SOSIAL DAN VAKSINASI (BERITAMPI.COM)

Sejarah Berdirinya Media Online Nasional www.mediapatriot.co.id

Media Online Nasional www.mediapatriot.co.id didirikan oleh Hamdanil Asykar pada tanggal 27 Maret 2012 di Kota Bekasi Jl. Ir. H. Juanda No.220G Bulak Kapal Bekasi Timur dan Berbadan Hukum PT. GABUSELA (PT. GALIBUMI SEKAR LANGIT).

Namun dengan adanya peraturan baru dari Dewan PERS harus berbadan Hukum PT dibidang khusus Media maka dibuatlah PT baru dengan nama PT. MEDIA PATRIOT INTERNASIONAL dengan alamat yang sama.

Hamdanil Asykar selaku pendiri sekaligus Pemimpin Redaksi Media Online Nasional www.mediapatriot.co.id sudah mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di PWI Bandung Jawa Barat dengan Tingkat Muda dan segera mengikuti jenjang berikutnya yaitu Madya dan Utama sebagai syarat mutlak Pemimpin Redaksi Media Online harus sudah mengikuti UKW sampai tingkat utama.

Nilai DA 57 dan PA 36 media online nasional www.mediapatriot.co.id otomatis mempunyai harga iklan / backlink yang tinggi yaitu Rp.5.000.000,- (NEGO) / Tayang.

Di ulang tahunnya yang ke 10 mulai tahun 2022 media online nasional www.mediapatriot.co.id memberikan apresiasi kepada para pengusaha UMKM mendapatkan diskon iklan / backlink mulai dari 10% sampai 90% sehingga bisa memberikan Brand kepada semua UMKM bisa dikenal keseluruh Indonesia bahkan ke mancanegara. (REDAKSI)



UCAPAN DARI BERBAGAI INSTANSI PEMERINTAH / SWASTA :


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *