oleh

Hadiri Launching UHC JKNP, Eko Wahyudi: “Beban Masyarakat Terhadap Biaya Kesehatan Jadi Ringan”

BANGGAI KEPULAUAN, MPI_Wakil Ketua II DPRD Banggai Kepulauan (Bangkep) Eko Wahyudi mengapresiasi BPJS Kesehatan atas fasilitas pelayanan kesehatan dibidang pembiayaan untuk masyarakat miskin.

Hal ini disampaikannya dalam sambutannya saat menghadiri launching program Universal Health Coverage (UHC) Jaminan Kesehatan Nasional Penduduk (JKNP) yang didaftarkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkep, Rabu (05/10/22).

“BPJS Kesehatan selama ini berperan penting dalam membantu masyarakat miskin, khususnya dalam situasi sulit, akan biaya kesehatan,” tegasnya.

Foto : Dokumen DKIPS Bangkep

Untuk itu, ia berterima kasih kepada Pemkab Bangkep yang juga berperan besar dalam mendukung BPJS Kesehatan.

“Sehingga BPJS Kesehatan dapat melaksanakan tanggung jawabnya sesuai perundang-undangan,” lanjutnya.

Ditambahkan dengan adanya program UHC JKNP diharapkan dapat membantu meringankan beban masyarakat.

“Semoga dengan dilaunchingnya program UHC JKNP ini membantu meringankan beban masyarakat Bangkep terhadap pembiayaan atas kesehatan,” tandasnya.

Diketahui Pemkab Bangkep bersama BPJS Kesehatan mencanangkan program UHC JKNP, sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, bermutu dengan biaya terjangkau.

UHC Bangkep saat ini telah mencapai 96 persen, dengan jumlah penduduk yang telah terdaftar sebagai program JKN/KIS sebanyak 120.241 jiwa dari total penduduk 124.332 jiwa.