oleh

Event PBS Bertaraf Internasional, Bupati Banggai: “Wisata dan Budaya Banggai Tak Kalah Menarik Dengan Lainnya”

BANGGAI, MPI_Wisata dan budaya Banggai diyakini tak kalah menariknya dengan wisata di pulau lainnya yang ada di Indonesia.

Hal ini disampaikan Bupati Banggai Ir. H. Amirudin Tamoreka saat memimpin rapat persiapan pelaksanaan event Pesona Banggai Serumpun (PBS), Senin (04/04/22), di ruang rapat khusus kantor Bupati Banggai, kawasan perkabtoran Bukit Halimun, Kecamatan Luwuk Selatan, Kabupaten Banggai.

“Saya meyakini pesona wisata dan budaya Banggai tidak kalah menarik dengan wisata di pulau lain di Indonesia,” ungkapnya.

Lebih lanjut Bupati mengatakan sebagai festival pariwisata berbasis kawasan, PBS akan menampilkan kekayaan khasanah budaya, kearifan lokal serta destinasi yang beragam dari tiga kabupaten serumpun yang terletak di ujung timur pulau Sulawesi tersebut.

L. Kaimudin mewakili Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai Laut (Balut) dalam rapat persiapan pelaksanaan PBS.

“Dalam pelaksanaannya, PBS akan menggabungkan beberapa festival pariwisata yang rutin digelar setiap tahun di wilayah Banggai Brothers, seperti Festival Teluk Lalong di Banggai, Festival Sea-sea di Banggai Kepulauan (Bangkep) dan Festival Sasampe di Banggai Laut (Balut),” lanjutnya.

Bupati menegaskan event PBS yang dipersiapkan oleh Banggai Brothers akan menjadi event pariwisata bertaraf internasional.

“Kita menyambut baik event PSB ini, apalagi sudah ada beberapa negara (wisatawan asing) yang ikut mendaftar. Event ini akan menjadi event pariwisata bertaraf internasional,” tandasnya.

Event pariwisata PBS direncanakan akan digelar selama 20 hari, 10-30 Agustus 2022. Dimana lokasi pembukaan event ini akan akan digelar di Kabupaten Bangkep dan Kabupaten Banggai akan menjadi lokasi penutupan rangkaian event PBS.(dewi)