oleh

Bangkitkan Pariwisata Banggai, Banggai Brothers Siap Gelar Event Pesona Banggai Serumpun (PBS).

BANGGAI, MPI_Dalam rangka membangkitkan sektor pariwisata Banggai pasca pandemi Covid-19, Kabupaten Banggai Brothers, kabupaten serumpun yang terdiri dari Kabupaten Banggai, Banggai Kepulauan (Bangkep) dan Banggai Laut (Balut) siap gelar event Pesona Banggai Serumpun (PBS) media Agustus 2022.

Berbagai rapat persiapan telah digelar oleh Pemerintah Kabupaten Banggai Brothers. Seperti rapat yang pimpin langsung Bupati Banggai Ir. H. Amirudin Tamoreka di ruang rapat khusus kantor Bupati Banggai, kawasan perkantoran Hukit Halimun, Kecamatan Luwuk Selatan, Kabupaten Banggai, Senin (04/04/22).

Bupati Banggai Ir. H. Amirudin Tamoreka didampingi Wakil Bupati Banggai Drs. H. Furqanuddin Masulili, M.M. memimpin langsung rapat persiapan event pariwisata PBS.

Kadis Pariwisata Banggai Drs. Paiman Karto mengatakan sebuah event PBS yang akan digelar pasca merupakan titik tolak kebangkitan pariwisata di tanah Banggai.

Mengenai ide penggabungan beberapa festival ke dalam PBS, lanjutnya, bertujuan untuk mengefisiensikan anggaran dimana anggaran yang dianggarkan akan relatif lebih hemat.

“Kalau kita menyelenggarakan masing-masing event itu (secara terpisah), pendanaannya akan lebih besar. Tapi kalau berbasis kawasan tentunya akan lebih efisien,” tuturnya kepada awak media ini.

Levih lanjut dikatakan dalam rapat persiapan tersebut, perwakilan masing-masing kabupaten telah memaparkan beberapa festival pariwisata andalan yang rutin diselenggarakan setiap tahun serta sejumlah kendala yang dihadapi.

“Pembukaan PBS akan digelar di Kabupaten Bangkep dan Kabupaten Banggai akan menjadi lokasi penutupan rangkaian event PBS yang direncanakan berlangsung selama 20 hari, 10-30 Agustus 2022,” tandasnya.(dewi)